Isu Oktober : Mari Membaca!

Kemampuan kognitif membaca merupakan kemampuan dasar yang perlu dimiliki oleh setiap Manusia di muka bumi ini. Dengan kemampuan Membaca, Manusia dapat lebih mudah mendapatkan Informasi dan ilmu yang berguna bagi hidupnya, mengetahui kejadian masa lampau dan yang baru saja terjadi dan menyiapkan hal – hal yang bisa dilakukan untuk masa depan. Kebiasaan membaca ini pula merupakan kebiasaan yang baik. Makin banyak membaca, makin banyak tahu. Makin banyak tahu, makin banyak pula peluang untuk memenangkan persaingan di Era Globalisasi ini.

Tentu, membaca yang dimaksud bukan sekedar memproses satu atau dua kalimat menjadi kesimpulan informasi. Tapi juga lebih kepada bagaimana mempunyai kemampuan menilai, mengenali dan memahami ide -ide yang disampaikan secara visual. Kita hari ini mengenal istilah ini dengan kata Kemampuan “Literasi”.

Di Indonesia sendiri menurut Survei yang diadakan oleh Central Connecticut State University di Amerika Serikat, berada pada peringkat 60, kedua terakhir sebelum Bostwana, Negara tetangga Afrika Selatan, yang menempati posisi ke 61 dari 61 Negara yang di survei mempunyai Minat Membaca sebesar 0,001%, itu artinya dari 1000 orang yang ada di Indonesia hanya 1 orang yang mempunyai minat membaca.

Walaupun survei diatas merupakan survei yang diadakan tahun 2015, hari ini masih menjadi acuan, bahkan di Hari Buku Nasional di bulan kemarin, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendi, masih mengutip peringkat tersebut sebagai acuan keadaan minat baca di Indonesia.

Hamdi di edisi kali ini akan coba mengupas lebih dalam tentang Membaca. Mulai dari keutamaan membaca dalam perspektif Al-Qur’an, Tips untuk menumbuhkan minat membaca, meningkatkan keahlian membaca dan keuntungan membaca. Tak hanya itu, beragam ulasan dan bacaan menarik pun akan Hamdi hadirkan disini. Untuk itu, Mari Membaca dan terus ikuti Hamdi!

Daftar Isi Isu Oktober* :

Mutiara Akhlak : Perbagus Niat Anda… Tunjukkanlah pada Allah Semata

*Konten akan terus diupdate

Leave a comment